Selasa, 21 Februari 2017

makalah musik rock

MAKALAH
MUSIK ROCK
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Seni Budaya

Guru Pengampu :
Yuli

 


Disusun Oleh :
Ade Irna Indyanti (adiku)
Ade Hilya
Dika
Triana
Abdul R
Acep I


MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 CIAMIS
JL. YOS SUDARSO NO.53, CIAMIS, KEC. CIAMIS, KABUPATEN CIAMIS, JAWA BARAT 46211, INDONESIA
2017

 
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. (https://id.wikipedia.org/wiki/Musik)
Musik rock (bahasa Inggris: rock) adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rok juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.
Bunyi khas dari musik rok sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak '70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rok "mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".
Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai pengertian Musik rock. Musrik juga Bagi orang yang kurang paham, musik rock atau musik keras yang cadas tersebut dianggap mengganggu telinga mereka karena suaranya yang terbilang cukup berisik dan keras.  Akan tetapi disaming itu musik Rock memeliki Manfaat Untuk Kesehatan dan Daya Ingat Otak.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Manchester, Inggris, mengungkapkan bahwa semakin besar suara yang dihasilkan oleh musik yang kita dengar, maka akan semakin besar juga kesenangan yang timbul dari diri kita. Alasannya karena sistem vestibular yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan serta juga menimbulkan getaran. Pada saat gelombang suara terkirim, maka pesan positif juga terkirim ke otak.
Seorang peneliti bernama Neil Todd juga percaya bahwa hal tersebut adalah pengarah dari indra akustik primitif kita yang terhubung dengan keinginan-keinginan dasar, seperti hasrat seks dan rasa lapar.
Disamping itu, penelitian yang lainnya menunjukan bahwa pada saat telinga menerima gelombang yang ditimbulkan oleh suara gitar elektrik yang melengking-lengking, gelombang tersebut akan diteruskan ke pusat memori. hal tersebut kemudian akan melatih ketajaman berpikir seseorang dan meningkatkan daya ingatnya.

B.  Batasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup permasalahan yang dibahas agar tercapainya tujuan yang dikehendaki dari penyusunan makalah ini, akan dibatasi masalah, yaitu:
1.    Memahami pengertia Musik Rock.
2.    Mengetahui Identifikasi kekaryaan Grup Band Kotak.

C.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.    Bagaimana memahami pengertian pengertia Musik Rock?
2.    Bagaimana mengetahui Identifikasi kekaryaan Grup Band Kotak?

D.  Tujuan Masalah
Sesuai dengan rumusan masalah yang akan dibahas maka penyusunan makalah ini memiliki tujuan:
1.    Memahami pengertia Musik Rock.
2.    Mengetahui Identifikasi kekaryaan Grup Band Kotak.








BAB II
PEMBAHASAN


1.    Seajarah Musik Rock
a.    Sejarah
Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.
Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas. banyak juga dengan penambahan instrumen seperti keyboad, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik.
Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock “mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik”.
Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.
Sebuah kelompuk pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rock dijuluki rock band atau rock group (grup musik rock). Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi diatas dan/atau menggunakan pennyanyi utama sebagai pemain alat musik disamping menyanyi, membentuk duo atau trio. Group lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist (pemain kibor). Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello atau alat tiup seperti saksofon, terompet atau trombon.
Pondasi dari musik rock adalah rock and roll dan rockabilly di era 50an. pada akhir 60an banyak terjadi percampuran genre musik lain dengan musik rock. Musik folk bercampur menjadi Folk Rock, Musik blues bercampur menjadi Blues Rock dan musik jazz menjadi Jazz-Fussion Rock. Dan pada tahun 70an rock berkembang menjadi beberapa subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal dan punk. Di era 80an berkembang lagi beberapa subgenre seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, alternative rock. Di era 90an subgenre baru yaitu grunge style rock, britpop, indie rock, piano rock dan nu metal.

b.    Latar Belakang Musik Rock                 
Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan numetal.
Musik Rock dikembangkan dari musik Blues asal Mississipi di Amerika, dan salah satu gitaris yang menonjol di masa awal kelahirannya adalah adalah gitaris Jimi Hendrix. Lahir di King Country Hospital, Seattle, Washington pada 27 November 1942. Dengan nama Johnny Allen Hendricks. Ia putra sulung pasangan Alex Hendricks yang Afro-Amerika Meksiko dan Lucille, seorang Indian Cherokee. Nama itu merupakan pemberian ibunya, yang kemudian diubah oleh sang ayah menjadi James Marshall Hendricks pada saat Hendrix kecil berusia 4 tahun. Kedua orangtuanya kemudian berpisah saat Jimi berumur tiga tahun.
Jimi mulai berkarir di musik tahun 1960, saat ia menjadi anggota sebuah band bernama Rocking Kings dan mulai sering manggung di tempat konser seputar Seattle. Sejumlah rockers raksasa hingga saat ini masih tetap bergema, antara lain Led Zeppelin, Nirvana, The Queen, The Police, maupun Bruce Springsteen. Memasuki Abad 21, rock mungkin bisa disebut memasuki masa indie dengan awal The Smiths asal Inggris. Beberapa kelompok yang masih mengibarkan bendera rock di Abad 21 antara lain Franz Ferdinand, The Libertines, dan The Arctic Monkeys

c.     Perkembangan Musik Rock di Dunia
·      Musik Rock Luar Negeri
1)   Tahun 60’an dan Awal 70’an
Musik rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion.
2)   Tahun 70’an
Rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock.

·      Musik rock Indonesia
Musik Rock sendiri mulai menjejak pada tahun ’70-an. Dan kemunculannya pun tidak bisa dilepaskan dari para pionir mulai dari Giant Step, God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy, Super Kid, Terncem, AKA/SAS, Bentoel, hingga Rawe Rontek.
-       Tahun 90’an
Terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal. Sebuah kelompuk pemusik yang mengkususkan diri memainkan musik rock dijuluki rock band atau rock group. Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet.
Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi diatas dan/atau menggunakan penyanyi utama sebagai pemain alat musik disamping menyanyi, membentuk duo atau trio. Group lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist. Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello atau alat tiup seperti saxophones, trumpet atau trombones. 

·      Ciri-ciri Musik Rock
Karakteristik atau cirri khas musik psychedelic rock antara lain:
1.    Permainan gitar elektrik yang didominasi oleh efek feedback dan   wah-wah
2.    Tema musik yang melayang-layang
3.    Terkadang menggunakan alat-alat musik radisional seperti sitar dan tabla
4.    Dominasi alat musik keyboard dalam lagunya, seperti organ, harpsichords atau mellotron
5.    Permainan solo melodi yang panjang
6.    Struktur lagu yang kompleks, misalnya chord atau tempo yang tidak sesuai pattern
7.    Lirik-lirik yang bernuansa dark, seperti kematian, pembunuhan, kesepian, dan lainnya atau lirik-lirik yang absurd yang menceritakan pengalaman-pengalaman musisinya sewaktu mereka sedang high atau teler. (coba perhatikan dan cermati lirik lagu Stairway to Heaven-nya Led Zeppelin)

·      Alat-alat Musik Rock
a.    Gitar
Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.
Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar).
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).
Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar (scale).
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

b.    Piano
Piano merupakan alat musik yang bisa dikategorikan bagian dari furniture mewah dan indah,yang bisa dijadikan sebagai pajangan rumah.
Perbedaanya furniture yang satu ini dilengkapi dengan musik modern yang berfungsi untuk memainkan musik sebagai hiburan. Karenannya alat musik ini haru membutuhkan perawatan yang baik dari si pemiliknya.
Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi,baja,tembaga,plastik,kuningan,kapas,bahan perekat dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan seberapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah dijangkau didalam piano.

c.    Drum
Drum adalah kelompok alat music perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.
Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

d.   Kibor
Kibor (bahasa Inggris: keyboard) adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Dengan kibor, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band. Dengan kibor, kita juga bisa bermain seperti kita bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.
Kibor terdiri dari style, voice, sequencer, speaker, parameter monitor, potensiometer volume, pitch atau bend, modulation (portamento) dan tombol tombol multi track. Kibor engan teknologi speaker built in dinamakan portable sound, bila ditambah dengan teknologi rekam mini dinamakan portable sound recorder. Bila di dalam operasi kibor harus menggunakan adaptor. Sintesizer (synthesizer) adalah nama lain kibor yang berarti sintesa (dari suara suara instrumen lainnya), kibor berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Beberapa voice atau suara yang direkam dalam orchestrator ini bisa diperluas (expandable) dalam pengertian teknologi penyuaraan (sound engineering). Expandable berarti bisa ditinggikan bagian suara treble atau bass atau middle tone.
Perbedaan yang pasti dari pada kibor dengan piano adalah bahwa kibor selalu menggunakan listrik, sehingga lebih dimungkinkan apabila suaranya diperbesar dengan pengeras suara. Piano akustik menngunakan material senar dan hammer stick (batang palu) kecil yang dibungkus cushion leather (busa dan kulit) dan mengandalkan resonansi dan gema yang muncul dari dentuman atau getaran besi senar ke arah besi batangan dan kayu ebony dan memancarkan suara ke seluruh penjuru ruangan. Model perkawinan kibor dan piano adalah electric piano (dengan teknologi digital elektronik) dan sintesa suara piano yang memiliki tingkat kemiripan dan kualitas tinggi.
Sustain pedal didisain terlepas dari body part dan kaki. Kebanyakan pemirsa bingung dengan kesamaan papan nada (kibor), kesamaan cara permainannya (tangga nada, tuts -- hitam dan putih, partitur, chord). Tetapi piano akustik tidak menggunakan drum otomatis (drum machine) kecuali dipasang dengan perangkat keras yang terpisah.

e.    Terompet Bariton
Terompet bariton (bahasa Inggris: Baritone horn), atau sederhananya disebut sebagai bariton merupakan salah satu anggota dalam keluarga instrumen musik tiup logam.[1] terompet bariton merupakan instrumen dengan pipa udara berbentuk silindris seperti yang terdapat pada trompet dan trombone. terompet bariton umumnya menggunakan resonator (mouthpiece) berukuran besar seperti yang digunakan pada trombone dan euphonium. Instrumen tersebut umumnya menggunakan nada dasar B, satu oktaf lebih rendah dari nada
dasar B pada trompet. Di Inggris, baritone sangat umum digunakan pada pertunjukan brass band.
Penamaan antara bariton dan euphonium banyak menimbulkan kerancuan, utamanya karena para pabrikan instrumen musik tiup logam memberikan nama spesifik pada instrumen yang dibuat khusus untuk edisi profesional, sementara nama yang umum digunakan pada instrumen yang ditujukan untuk para pemula sebagai bariton. Meski praktik demikian saat ini sudah tidak lagi digunakan, namun kerancuan tersebut masih timbul hingga saat ini.

2.    Identifikasi kekaryaan
Identifikasi berasal dari kata Identify yang artinya meneliti, menelaah. Identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi dari “kebutuhan” lapangan. Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua) macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang sifatnya tidak mendesak.
Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik. Lalu mereka merilis single pertama mereka berjudul "Sendiri" pada album The Dream Band "Delapan".
Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik. Lalu mereka merilis single pertama mereka berjudul "Sendiri" pada album The Dream Band "Delapan".
Awal munculnya band Kotak terdiri dari 4 personel, yakni Pare (Vokal), Cella (Gitar), Icez (Bass) dan Posan (Drum). Setelah itu mereka merilis album perdana mereka bersama label HMR yang terdiri dari lagu, Terbang, Hilang, Kau Pilih Dia, Saat Kau Jauh, Damai Hati.
Di akhir tahun 2007, vokalis band ini, Pare memutuskan untuk keluar dan tak perlu waktu lama untuk mereka mencari vokalis baru. Tak lama kemudian Tantri dipilih sebagai vokalis yang baru dengan suara rocknya yang khas, jauh berbeda dengan Pare. Tak berlangsung lama kemudian pemain Bass mereka juga ikut keluar karena memilih bergabung dengan The Rock dibawah naungan Ahmad Dhani. Nissa Hamzah terpilih sebagai penggantinya tetapi formasi ini juga tak berlangsung lama karena Nissa juga keluar kembali yang sekarang bergabung dengan band omelette.
Manajer Kotak jatuh hati pada Chua dan merekrut untuk mengisi posisi pemain bass yang kosong. Setelah formasi mereka sudah cocok, mereka langsung merilis album kedua dengan nama “Kotak Kedua” pada tahun 2008.
Setelah sukses di album kedua, mereka meluncurkan album ketiga pada 26 Agustus 2010 yang berjudul “Energi” dengan lagu hitsnya “Pelan-Pelan Saja”. Lagi-lagi salah satu personelnya keluar, yaitu Posan (Drum) pada 8 Maret 2011 dan menyisakan 3 personel saja, Tantri, Chua, Cella.
Di tahun 2012 mereka meluncurkan album keempat yang diberi nama “Terbaik” dan turut bekerja sama dengan pihak KFC dalam penjualan album mereka. Lagu hitsnya “Hijaukan Bumi”, “I Love You”, “Kecuali Kamu”, “Jet Lag”.
Pada bulan Maret 2014, Kotak merilis album keempat yang berjudul "Never Dies". Di album Kotak yang terbaru ini memuat banyak lagu andalan, salah satunya dari single terbaru andalan Kotak band berjudul "Perfect Love" yang bercerita tentang perasaan cinta yang saling menyempurnakan serta single andalan lainnya "Inspirasi Sahabat" yang berkisah indahnya persahabatan.
Adapun karya yang dihasilkan dari grup Band The Dream Band “Delapan / Kotak diatntaya sebagai berikut :
v Album The Dream Band “Delapan”
1.    Hilang
2.    Terbang (Khayal)
3.    Damai Hati
4.    Kau Pilih Dia
5.    Saat Kau Jauh
6.    Tentang Hidup
7.    Remuk
8.    Tanpamu
9.    Satu Cinta
10.  Phobia
11.  Sendiri

v Album Kotak Kedua
1.    Beraksi
2.    Kosong Toejoeh
3.    Tinggalkan Saja       
4.    Berbeda       
5.    Lagi Lagi       
6.    Tetap Ada       
7.    Masih Cinta     
8.    Terluka      
9.    Mencintaiku Dan Dia      
10.  Bayang Abadi       
11.  Rock Never Dies       
12.  Kembali Untukmu      

v Album Energi Kotak
1.    Cinta Jangan Pergi
2.    Cuci Mata
3.    Energi
4.    Kerabat Kotak
5.    Kuingin Sendiri
6.    Pelan Pelan Saja
7.    Selalu Cinta
8.    TOP
9.    Terbang
10.  Tendangan Dari Langit
11.  Lupa Ingatan
12.  Apa Bisa
v Album Terbaik Kotak
1.    Kotak - Hijaukan Bumi
2.    I Love You
3.    Kecuali Kamu
4.    Tendangan Dari Langit
5.    Terbang
6.    Pelan Pelan Saja
7.    Tinggalkan Saja
8.    Beraksi
9.    Cuci Mata
10.  Cinta Jangan Pergi
11.  Kosong Toejoeh
12.  Energi
13.  Jet Lag Feat. Simple Plan

v Album Never Dies Kotak
1.    Satu Indonesia
2.    Inspirasi Sahabat
3.    Perfect Love
4.    Aku Percaya Pilihanku
5.    Kamu Saja
6.    Sisi Lain
7.    Music
8.    Aku Yang Tersakiti (ft. Judika)
9.    Sendiri
10.  Bobrok (ft. Pay & Eross)
11.  Rise and Fall (ft. JFlow)

Salah satu dari album diatas yang termasuk lagu terbaik adalah album yang berjudul Pelan Pelan Saja, berikut lirik lagu kotak Pelan-Pelan Saja. Sebelum menerjemahkan lirik lagu Kotak "Pelan-Pelan saja", ada baiknya bila dibaca atau dipaparkan terlebih dahulu liriknya. Harapannya, sobat Ahira sendiri pun dapat memaknai kandungan lirik lagu tersebut.

Lirik Lagu Kotak Pelan-Pelan Saja

Pelan-Pelan Saja
ku tahu kamu niscaya rasa
apa nan ku rasa
ku tahu cepat atau lambat
kamu kan mengerti
hati bila dipaksakan
pasti takkan baik
pantasnya kamu mencintai
yang juga cintai dirimu
cuma kamu
Reff:
lepaskanlah ikatanmu dengan aku
biar kamu senang
bila berat melupakan aku
pelan-pelan saja
tak ada niat menyakiti
inilah hatiku
pantasnya kamu mencintai
yang juga cintai dirimu
cuma kamu
Repeat reff:
pelan-pelan saja
Repeat reff:
pelan-pelan saja
(lepaskan aku, lepaskan aku, lepaskan aku)
pelan-pelan saja

Bila diperhatikan dan dikaji, lagu kotak Pelan-Pelan Saja ini cukup dalam maknanya. Ia meminta orang nan menyatakan cinta kepadanya, namun tidak serius mencintainya, silahkan buat meninggalkannya. Tapi pelan-pelan, jangan mendadak sebab ia sendiri memiliki rasa cinta terhadap pasangannya tersebut.
Biarkan hatinya perlahan-lahan dapat menerima fenomena getir nan dirasakannya. Makanya berulang-ulang disebut "pelan-pelan saja". Seseorang nan merasakan dirinya tak begitu dicintai niscaya akan menunjukkan perubahan. Ia nan awalnya perhatian, akan mulai mengurangi perhatiannya.
Ia mulai sedikit demi sedikit buat menjadi pribadi cuek. Ia sudah merasa bahwa dirinya tak lagi spesial bagi kekasihnya tersebut. Erosi cintanya tersebut berusaha diterjemahkannya melalui tingkah lakunya. Inilah nan dilukiskan dengan lirik lagu ku tahu kamu niscaya rasa,apa nan ku rasa, ku tahu cepat atau lambat kamu kan mengerti .
Setelah terjadi perubahan, lalu dipahami oleh orang nan tidak begitu mencintainya. Hendaknya ia akan menjelaskan, bahwa harusnya orang tersebut mencintai orang nan benar-benar dicintainya. Pasalnya, cinta itu lembut. Kelembutan tersebut tak dapat dilakukan dengan pemaksaaan. Apalagi jika berurusan dengan hati. Oleh sebab itu, disarankan buat melepaskan ikatan cinta nan sudah dijalin.
Hendaklah ia mencintai orang nan dicintainya dan orang tersebut juga mencintainya. Tak ada nan tahu tentang hal itu, kecuali dia. Makanya lirik selanjutnya bernada, hati bila dipaksakan niscaya takkan baik, pantasnya kamu mencintai nan juga cintai dirimu, cuma kamu .
Ketegaran seseorang nan dilukiskan dalam lagu kotak ini, memang luar biasa. Dengan meminta buat dilepaskan. Meski tidak munafik, bahwa ia juga berat merasakan ketika dilepaskan. Namun, semua itu harus dilakukan. Memang, seperti inilah kondisi nan baik.
Jika memang nan dicintai sudah tak mencintainya, maka lepaskan saja. Berat. Wajar, namanya juga sudah pernah 'singgah' di hati. Oleh sebab itu, melakukannya dengan "pelan-pelan saja". lepaskanlah ikatanmu dengan aku, biar kamu senang, bila berat melupakan saya pelan-pelan saja
Memintanya buat melepaskan bukanlah menunjukkan bahwa kita dursila dengannya. Tidak, nan diminta itu ialah buat kebaikannya. Biar ia bahagia dengan nan dicintainya. Plus, nan mencintainya pun benar-benar senang dengannya. Tak ada nan tahu kecuali diri sendirinya.
Kita nan meminta buat dilepaskannya ialah jalan terbaik agar tak tersakiti. Pasalnya, tak latif hayati ini bila berpasangan dengan orang nan tidak mencintai diri kita. Maka lirik lagu kotak ini cukup tepat. tak ada niat menyakiti inilah hatiku, pantasnya kamu mencintai nan juga cintai dirimu, cuma kamu .
Mengkaji Karakter Cinta Manusia dari Lagu Kotak Pelan-Pelan Saja. Apa yang terkandung dalam lirik lagu kotak Pelan-Pelan Saja ialah citra generik tentang percintaan nan dialami kebanyakan orang. Baik nan masih pacaran ataupun nan sudah menikah. Terkadang banyak nan merasa, bahwa malu jika menjadi jomblo. Tak apa-apa pasangan tidak begitu mencintai, nan krusial ia masih tetap bersama.
Inilah nan dinamakan cinta semu. Cinta nan penuh dengan kepalsuan. Makanya wajar jika nan sering terjadi ialah pertengkaran, bukan lahirnya konduite saling kasih sayang. Kejadian seperti amat sering terjadi.
Ia rela mempertahankan dirinya 'dimadu' dengan cinta nan lain, sebab masih berharap bahwa pasangan akan tetap bersama. Bagi nan belum menikah, apa nan dituturkan dari lirik lagu Kotak ini nan menjadi harapannya sang pacar akan mencintainya suatu saat nanti. Meski harus melakukan penyiksaan diri buat diduakan cinta kasihnya.
Demikian halnya dengan nan sudah menikah. Tak sedikit nan menikah hanya lantaran malu dengan status nan belum menikah. Padahal, orang nan dinikahi bukan orang nan dicintai. Ia hanya berusaha buat menumbuhkan rasa cinta. Ini juga cinta semu.
Makanya, lirik lagu Kotak ini menyentak konduite kedua tipe manusia nan memiliki cinta semu tersebut. Lebih baik jujur buat menyatakan tak mencintai daripada tetap mempertahankan hubungan. Padahal cintanya tak terhadap pasangannya.
Kenapa Harus "Pelan-Pelan Saja"?  Buat nan merasa cintanya diduakan lebih baik buat melepaskannya, meski dilakukan dengan pelan-pelan saja. "Kenapa harus pelan-pelan saja"? Kalimat ini memang berulang kali disebutkan. Tujuannya adalah, agar masing-masing diri saling memikirkan apakah sahih mencintainya atau tidak.
Ketika dekat dengannya, mungkin tidak terpikirkan bahwa memang mencintainya. Namun, ketika sudah jauh dan sporadis ketemu, barang kali akan timbul rasa cinta. Makanya, memutuskan interaksi dengan pasangan bukanlah cara terbaik dengan putus begitu saja.
Tapi lakukanlah dengan pelan-pelan, biar ada rasa saling memikirkan dan memahami rasa cinta masing-masing. Dapat jadi dengan adanya jeda nan dilakukan saat 'pelan-pelan' tersebut malah muncul rasa saling mencintai. Hingga akhirnya membuat cinta nan hampir bubar menjadi makin kekar.
Ada hal nan istimewa di balik lirik lagu kotak ini. Ada saran buat melepaskan kekasih dengan orang nan dicintainya, tapi hendaknya dilakukan dengan pelan-pelan. Pasalnya, manusia memang suka labil dalam menjalin cinta. Namun, dengan konsep menyuruhnya melepaskannya dengan 'pelan-pelan' dapat menyadarkannya betapa ia mencintai orang nan bakal dilepaskannya. Ini wajar terjadi pada manusia.
Menyadarkan Cinta Tak Mesti dengan Ketegasan . Ada hal menarik, menurut pandangan penulis, bahwa buat menyadarkan cinta seseorang bahwa ia sangat mencintai kita tak dilakukan dengan ketegasan. Cinta nan lembut tak sejalan 'digandengkan' dengan ketegasan. Lembut harus dengan kelembutan.
Kata "pelan-pelan saja" membuktikan bahwa cinta nan lembut hanya bisa dimiliki dengan kelembutan. Jika tahu pasangan kita tidak tulus mencintai kita, maka jangan langsung 'melabraknya' dengan meminta putus hubungan. Tapi lakukanlah dengan menjaga jarak. Menjaga jeda di sinilah nan dimaksud dengan 'pelan-pelan saja'.
Ketika sudah menjaga jarak, jika pasangan kita merasa kesepian saat tidak bersama kita, maka ia akan menghubungi dan menyatakan dalam dirinya bahwa ia sangat mencintai kita. Dapat juga dengan cara membiarkan ia menjalin kedekatan dengan orang lain, meski Anda cemburu, tapi biarkan saja. Di sini pasangan kita akan mempertimbangkan, bahwa kita dapat jadi lebih baik dari orang nan dianggapnya layak dicintai.
Beginilah cinta nan penuh dengan misteri, tapi harus terjadi dan dialami. Sungguh, lirik lagu kotak Pelan-Pelan Saja melukiskan dua hal. Pertama, Jika sudah ada rasa tak mencintai nan tampak dari pasangan kita, lebih baik buat menganjurkan mencintai orang nan dicintainya nan juga mencintainya.
Kedua, Jika ingin memutuskan tidak mesti dengan tegas, tapi lakukanlan dengan pelan-pelan. Pasalnya, di sini dapat menjadi jalan buat melihat ternyata kita lebih baik dicintai pasangan kita dari orang nan diprediksi pasangan kita bahwa ia terbaik untuknya.



























BAB III
SIMPULAN

A.  Simpulan
Musik rock (bahasa Inggris: rock) adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rok juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.
Bunyi khas dari musik rok sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak '70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rok "mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".
Musik Rock  sendiri mulai menjejak pada tahun ’70-an. Dan kemunculannya pun tidak bisa dilepaskan dari para pionir mulai dari Giant Step, God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy, Super Kid, Terncem, AKA/SAS, Bentoel, hingga Rawe Rontek.
Indoneisa sendiri memeliki grup musik Rock salah satu diantaranya adalag grup Kotak. Grup ini terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang. Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik. Lalu mereka merilis single pertama mereka berjudul "Sendiri" pada album The Dream Band "Delapan".
B.  Saran
Sesuai dengan simpulan penelitian tersebut di atas, maka penulis berkeinginan untuk memberi saran yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan, khususnya bagi pihak-pihak yang terkait. Saran tersebut disampaikan sebagai berikut:
v Berdasarkan fungsinya, Fungsi Musik Secara Umum adalah sebagai berikut:

a.    Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional

Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. Contoh saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, dia tidak peduli bagaimana reaksi penontonya nanti tapi yang terpenting sang musisi sudah berkarya mengungkapkan emosinya.

b.    Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis

Musik itu sebuah karya seni, sebuah karya seni harus memiliki nilai estetis atau keindahan di dalamnya. Nah melalui musik ini kita bisa merasakan keindahan dari melodi yang dihasilkan musik tersebut

c.    Fungsi Musik Sebagai Hiburan

Orang-orang suka mendengar musik, saat sedih lebih baik mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? Ya minimal agar kita merasa terhibur ataupun supaya tidak terasa bosan

d.    Fungsi Musik Sebagai Komunikasi

Ini berarti sebuah musik yang berlaku di suatu daerah memiliki arti tersendiri ataupun hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut, ini bisa dilihat dari teks atau pun melodinya

e.    Fungsi Musik Sebagai Perlambangan

Musik bisa melambangkan suatu hal, misal ada musik yang temponya lamban dan rata-rata musik yang temponya lamban memiliki syair yang sedih sehingga musik itu melambangkan kesedihan

f.     Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani


v Pada masa sekarang, meskipun banyak aliran musik yang sudah berkembang, tetapi musik Rock sendiri mempunyai tempatnya sendiri, musik rock bahkan banyak disukai oleh orang banyak, salah satunya grup musik rock asal Indoneisa yaitu Band Kotak. Karena perlawanan ini bagian integral dari perjalanan bangsa Indoneisa Sasaran yang tepat dari saran ini bisa ditujukan untuk msyarakat petani, khususnya masyarakat Desa Kaplongan.

DAFTAR PUSTAKA


http://beringind.blogspot.co.id/2013/03/asal-mula-musik-rock.html
http://pekanbaru.tribunnews.com/2015/10/31/inilah-manfaat-musik-rock-untuk-kesehatan
http://www.eduspensa.com/2015/08/fungsi-musik-secara-umum-dan-penjelasan.html


1 komentar: